Mengenal Jenis Sales di Perusahaan dan Cara Memaksimalkannya


Mengenal Jenis Sales di Perusahaan dan Cara Memaksimalkannya

Dalam dunia bisnis, sales memiliki peran yang sangat vital dalam menggerakkan roda perusahaan. Mereka menjadi ujung tombak yang bertanggung jawab atas penjualan produk atau jasa perusahaan kepada pelanggan. Namun, tidak semua sales memiliki tugas yang sama, ada berbagai jenis sales yang memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda sesuai dengan target pasar dan strategi perusahaan. Berikut adalah beberapa jenis sales yang umum dijumpai dalam perusahaan modern :

1. Sales Representative

Sales representative adalah sales yang berperan langsung dengan pelanggan untuk menjual produk atau jasa perusahaan. Sales representative ini biasanya dibagi menjadi dua bidang, yaitu Inside Sales yang melakukan proses penjualan secara remote melalui telepon, email, atau media sosial, kemudian Outside Sales yang lebih aktif dalam melakukan kunjungan langsung ke pelanggan, melakukan presentasi produk, dan berusaha menutup penjualan dengan interaksi tatap muka. Sebutan lainnya yang umum dikenal untuk posisi ini yaitu agen penjualan, account representative, advertising representative, B2B sales, brand ambassador, dan sebagainya.

2. Sales Management

Posisi ini berada setingkat di atas sales representative dan membawahi mereka. Sales management bertanggung jawab untuk membuat strategi penjualan, mengatur target, dan memberikan arahan kepada anggota tim untuk mencapai tujuan penjualan perusahaan. Pada beberapa perusahaan, posisi ini diharuskan memiliki relasi yang baik dengan para pelanggannya, karena sales management juga berperan dalam melakukan pendekatan agar para pelanggannya menjadi pelanggan yang loyal. Posisi ini umum dikenal dengan sebutan sales manager, manager area, account manager, business development manager, franchise development manager, dan sebagainya.

3. Sales Administrative

Sesuai dengan namanya, posisi ini berperan di bagian administrasi untuk membantu menyusun proposal penjualan, mengelola dokumen kontrak, pengurusan izin, membuat laporan penjualan, hingga memeriksa kebenaran dari setiap dokumen. Jadi bisa dibilang sales administrative juga dapat berperan penting dalam memastikan kelancaran proses penjualan. Posisi ini juga umum dikenal dengan sebutan lain yaitu enterprises representative, financial assistant, business development representative, sales coordinator, dan sebagainya.


4. Account Executive

Posisi account executive ini sebenarnya punya posisi yang setara dengan sales management, namun tugas dan tanggung jawabnya lebih besar. Account executive berfokus untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan meningkatkan penjualan pada mereka. Sehingga mereka yang bekerja di posisi ini diharuskan memiliki pemahaman yang mendalam tentang produk dan layanan yang ditawarkan, kemampuan negosiasi yang kuat, dan memiliki pengetahuan yang luas terkait tren industri yang ter-update. Beberapa contoh sebutan lain dari posisi ini yaitu client executive, account handler, channel partner executive, dan sebagainya.


5. Executive Level Management

Posisi ini adalah posisi teratas yang ada di departemen penjualan. Umumnya posisi ini bertanggung jawab untuk menentukan dan mengatur strategi penjualan jangka panjang dalam sebuah perusahaan. Selain itu, tentunya mereka juga bertugas untuk mengelola dan mengawasi kinerja seluruh tim, sehingga target penjualan mampu dicapai oleh semua yang dibawahinya. Posisi ini juga umum dikenal dengan sebutan lainnya seperti sales director, chief financial officer, chief sales officer, dan lain sebagainya.

Dalam mengelola tim sales yang beragam ini, perusahaan sering menghadapi tantangan dalam memantau kinerja dan lokasi karyawan, terutama saat mereka berada di luar kantor untuk melakukan kunjungan ke pelanggan. Untuk mengatasi hal tersebut, teknologi absensi online seperti fingerspot.io dapat digunakan. Dengan menggunakan fitur Absensi Ponsel GPS, karyawan yang berada di luar kantor bisa dengan mudah melakukan absensi dari mana saja via ponsel dengan app fingerspot.io. Tidak perlu datang lagi ke kantor hanya untuk absensi, sehingga bisa lebih menghemat waktu dan biaya perjalanan. Selain itu, sistem absensi online juga memungkinkan atasan untuk mengetahui lokasi karyawan secara realtime dari absensi mereka, sehingga memudahkan pengelolaan dan penjadwalan kunjungan ke pelanggan.

Pakai absensi online fingerspot.io!
Langkah cerdas dalam hadapi tantangan kelola tim penjualan di berbagai lokasi.


***

Posting Komentar untuk " Mengenal Jenis Sales di Perusahaan dan Cara Memaksimalkannya "