Jenis Jenis Jadwal Kerja Perusahaan

Setiap perusahaan pasti punya aturan masing-masing terkait jadwal kerja karyawannya. Di dunia kerja, jadwal kerja itu nggak cuma 9 to 5 aja lho. Banyak perusahaan punya variasi jadwal kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan juga karyawannya. Jadi, biar nggak bingung, yuk kita bahas beberapa jenis jadwal kerja yang sering dipakai di perusahaan.

Jenis Jenis Jadwal Kerja Perusahaan
Sumber : Fingerspot.com

1. Jadwal Kerja Full-time

Jadwal kerja ini adalah jadwal kerja yang paling umum dan yang paling sering kita dengar. Umumnya, karyawan biasanya bekerja di jam yang sama setiap harinya selama 8 jam sehari, 5 atau 6 hari dalam seminggu. Mayoritas dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Jadwal ini biasanya digunakan oleh kantor atau perusahaan yang operasionalnya berjalan normal dari pagi hingga sore.


2. Jadwal Kerja Part-Time

Sesuai namanya, jadwal kerja ini dibuat untuk karyawan yang tidak bisa bekerja full seharian. Jadi, bagi kamu yang hanya bisa bekerja di waktu yang terbatas, jadwal part-time ini cocok banget buat kamu. Karyawan part-time biasanya hanya bekerja 4-6 jam sehari atau beberapa hari dalam seminggu, tergantung kebijakan perusahaannya. Pekerjaan part-time ini cocok buat mahasiswa, ibu rumah tangga, atau yang punya pekerjaan sampingan.

3. Jadwal Kerja Fleksibel

Jadwal kerja yang satu ini pas banget untuk perusahaan yang memberikan kebebasan pada karyawannya untuk menentukan jam kerja mereka sendiri, dengan syarat target dan tanggung jawabnya tetap tercapai. Umumnya, ada jam inti yang harus diikuti, tapi selebihnya karyawan bisa atur jam masuk dan jam pulang sesuai kebutuhan. Jadwal kerja fleksibel ini biasanya diterapkan di perusahaan yang bergerak di bidang kreatif atau teknologi, di mana hasil kerja lebih diutamakan dibandingkan kapan jam kerjanya.


4. Jadwal Kerja Shift

Ini nih jadwal kerja yang nggak kalah populer, karena sering banget dipakai di industri perusahaan yang operasionalnya terus berjalan 24 jam penuh, seperti rumah sakit, pabrik, ataupun call center. Karyawan bisa bekerja pagi, sore, atau malam, bergiliran tergantung shift yang dijadwalkan. Jadwal kerjanya dibuat bergantian agar operasional perusahaan tetap berjalan tanpa henti. Tapi tantangannya, karyawan harus pintar-pintar mengatur pola tidur dan kesehatan karena jam kerja serta ritme tidur yang berubah-ubah. Bisa jadi kamu kerja saat orang lain lagi enak-enaknya tidur.


Semua jenis jadwal kerja ini tentunya perusahaan perlu sistem absensi yang canggih agar semuanya bisa dikelola dengan baik. Terutama untuk perusahaan dengan jadwal kerja shift, mengelola absensi karyawan pasti jadi tantangan berat. Nah, disinilah teknologi hadir untuk membantu, salah satunya dengan menggunakan absensi online berbasis cloud yaitu fingerspot.io. Dengan fingerspot.io, pengaturan jadwal kerja shift jadi super gampang bisa dari mana saja. Nggak hanya itu saja, data absensi juga bisa diakses kapan saja dan dari mana saja, membuat manajemen jadwal kerja jadi jauh lebih efisien. Jadi, kalau kamu mau jadwal kerja shift di kantormu teratur dan gampang, fingerspot.io jawabannya!
***

Posting Komentar untuk " Jenis Jenis Jadwal Kerja Perusahaan "